Tips Merawat Roda “Ban” Mobil

Roda “Ban” Mobil
Roda “Ban” Mobil

Tips Merawat Roda “Ban” Mobil

Kebanyakan  pengendara hanya memikirkan tampilan eksterior maupun interior kendaraan mereka,
agar terlihat bersih, sangat jarang mereka memikirkan hal laenya seperti roda mobil, dalam hal ini “ban”.
Ban didalam kendaraan adalah salah satu faktor penentu pertama keselamatan Anda di saat berkendara. Ban adalah bagian dari kendaraan yang menyentuh permukaan jalan. Performa kendaraan yang bagus, takkan cukup kalau bannya jelek.
Oleh karena itu, maka rajinlah merawat ban Anda. Berikut ada 7 tips perawatan ban yang bisa Anda lakukan:

1. Periksa tekanan ban

Anda harus selalu melakukan pemeriksaan tekanan angin secara berkala, sedikitnya satu kali tiap bulan. "Terlebih, jika Anda akan melakukan perjalanan jauh. Sesuaikan tekanan ban dengan buku panduan pemilik kendaraan,"

2. Cek aus atau tidak ban 

Selain bisa melihat langsung secara kasat mata, dengan tampilan ban yang sudah mulai terlihat botak. Ban yang sudah aus, juga bisa ditandai dengan terlihatnya simbol segitiga atau tulisan TWI (Tread Wear Indicator) pada dinding samping bagian atas. Tentunya, segera ganti ban jika indikator tersebut sudah mulai terlihat.

3. Tutup pentil

Kalau ada yang meremehkan peran tutup pentil yang berukuran kecil. Pastikan mulai sekarang Anda tidak meremehkannya. Karena tutup pentil bisa menjaga dalam ban mobil Anda bebas dari kotoran, yang bisa membahayakan. Dan pastikan tutup pentil terpasang dengan benar. Karena tutup pentil juga bisa mencegah keluarnya udara, dan menjaga agar tekanan angin tetap stabil.

4. Velk dalam kondisi prima

Peran velk sangat penting, ban tidak akan berarti tanpa adanya peran velk. Sehingga sudah seharusnya Anda memperhatikan kondisi velk Anda. Karena velk merupakan komponen pendukung ban yang juga memiliki fungsi vital. Pastikan velk selalu dalam kondisi prima.
Jika terdapat retak, berubah bentuk, atau berkarat, usahakan untuk segera mengganti dengan yang baru. Dan sesuaikan muatan dengan petunjuk pemakaian kendaraan. Kelebihan muatan akan menyebabkan ban cepat aus.

5. Lakukan secara rutin spooring balancing

Pasti, Anda akan mengalami banyak permasalahan jika tidak rutin melakukan spooring/balancing. Gangguan yang sering terjadi jika Anda tidak rutin melakukan spooring/balancing, kendaraan akan menjadi kurang seimbang.Kondisi ini disebabkan karena getaran yang berlebih akibat ban yang tidak seimbang.

6. Rotasi ban

Jangka waktu tertentu ban akan aus yang tidak merata, maka lakukanlah rotasi berkala pada ban yang Anda gunakan. Idealnya lakukanlah rotasi setiap 10.000 km. Tujuannya, agar ban memiliki umur pemakaian yang sama, dan untuk mencegah keausan yang tidak merata.


7. Perjalanan yang benar

Berhati-hatilah dalam memilih rute jalanan. Permukaan jalan yang kasar akan lebih mudah mengikis telapak ban. Saat melewati jalan berlubang, usahakan untuk tidak membelok tiba-tiba agar ban terhindar dari benturan samping tutupnya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment